Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Januari 2013

makalah matematika nilai tempat



Pembelajaran Matematika SD
Nilai Tempat
MAKALAH
Dosen Pembimbing:IbuTitin F





Disusun Oleh:Kelompok 2








PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2012


PembelajaranMatematika SD
MAKALAH
Tujuan:Sebagai bahan presentasi S1 PGSD Smester Genap







DisusunOleh:
1.Ali Mustofa
NIM:118620600098
2.Ahmad Khoirul Amin
NIM:118620600114
3.M.Taufiqurrohman
NIM:118620600123
4.Iwan Pranoto
NIM:118620600129

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2011


KATA PENGANTAR
         Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah m,emberikan rahmat,hidayah,dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pembelajaran Mtematika SD kelas awal ini dengan baik.Meskipun ini jauh dari sempurna tapi kami akan berusaha untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik.
        Kami juga memohon untuk para pembaca ikut berpartisipasi sekedar membaca makalah ini untuk menambah wawasan dan pengeetahuan.Semoga makalah ini bermanfaat.

                                                                                                Sidoarjo,18 Maret 2012










DAFTAR ISI
Kata Pengantar……………………………………………………………………   3
Daftar Isi………………………………………………………………………….    4
BAB I PENDAHULAN
1.1. Latar Belakang………………………………………………………………     5
1.2. Rumusan Masalah…………………………………………………………..      5
BAB II PEMBAHASAN
        A.Pengertian……………………………………………………………….      6
        B.Satuan Dan Puluhan…………………………………………………….       6
        C.Satuan,Puluhan  Dan Ratusan……………………………………………     7.
        D.Satuan,Puluhan,Ratusan Dan Ribuan…………………………………….    8
BAB III PENUTUP
Simpulan Dan Saran………………………………………………………………   9
Daftar Pustaka……………………………………………………………………    10






BABB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Nilai tempat merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari dalam matematika untuk kehidupan manusia. Karena dengan memahami nilai tempat manusia dapat mengerti tentang penghitungan nilai angka bail satuan, ratusan, ribuan, dll. Yang digunakan dalam manjalani kehidupannya sehari-hari.

1.2.Rumusan Masalah

a.       Apa yang dimaksud nilai tempat ?
b.      Apakah  nilai satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan ?














BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Menurut Ashlok Nilai tempat adalah pemberian suatu nilai kapada masing-masing tempat/posisi dalam lambing bilanga multi digit.
Satuan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan satu angka
Puluhan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan dua angka
Ratusan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan tiga angka
Ribuan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan empat angka

B.Nilai tempat puluhan dan satuan
          Biasanya dalam pendidikan matematika anak SD usia awal yaitu kelas 1,2,3 adlaha masih Puluhan Dan Satuan yaitu angka yang jumlahnya ada 2 seperti contoh 12 diman
1 bernilai 10
2 bernilai 2
  Yang apabila dijumlahkan menjadi 10+2=12
   


Penulisan bilangan dua angka dapat ditentukan nilai puluhan dan satuannya.
Misalnya:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20

Selain dengan tabel kita juga mengajarkan cara mencari nilai tempat sebagai berikut
Misal Angka 12
Dimana 1 menempati puluhan bernilai 10
             2 menempati satuan bernilai 2



C.Nilai tempat Satuan,Puluhan,Ratusan
Seperti missal:
Angka 123 artinya angka
1-----------------menunjukkan Ratusan yang bernilai 100 (Seratus)
2-----------------menunjukkan Puluhan yang bernilai 20 (DuaPuluh)
3----------------menunjukkan Satauan yang bernilai 3 (Tiga)
Selain dengan cara diatas untuk kelas 3 bisa kita latih mengerjakn soal nilai tempat seperti berikut 973 dimana dapat dirinci sebagai berikut:
Angka 3 menempati tempat satuana dan nilainya 3
Angka 7 menilai tempat puluhan dan nilainya 70
Angka 9 menempati tempat ratusan dan nilainya 900

D.Nilai tempat Ribuan,Ratusan,Puluhan,Satuan
Misalnya 1234
1---------------- adalah nilai yang menunjukkan 1000 (Seribu)
2----------------adalah nilai nyang menunjukkan 200 (Dua Ratus)
3---------------adalah nilai yang menunjukkan 30 (Tiga Puluh)
4--------------adalah nilai yang menunjukkan 4 (Empat) Selain dengan cara diatas untuk kelas 3 bisa kita latih mengerjakn soal nilai tempat seperti berikut 6973 dimana dapat dirinci sebagai berikut:
Angka 3 menempati tempat satuana dan nilainya 3
Angka 7 menilai tempat puluhan dan nilainya 70
Angka 9 menempati tempat ratusan dan nilainya 900
Angka 6 menempati tempat ribuan dan nilainya 6000
BAB III
PENUTUP
Simpulan
               Jadi untuk mengajarkan nilai tempat dalam usia SD kelas awal yaitu kelas 1,2,3 itu bertahap artinya tidak sekaligus langsung ke beberapa nilai tempat.Serta tahap tersebut harus bisa membuat siswa paham untuk melangkah ke sub berikutnya.Seperti missal kalau kelas 1 diajarkan Satuan Dan Puluhan,Sebaliknya denga kelas 2 dan 3 nanti.



Daftar Pustaka
Buchori,dkk.2006.Gemar Belajar Matematika 3.Aneka Ilmu:Semarang
Supardjo.2004.Matematika Gemar Berhitung 2.Serangkai Pustaka Mandiri:Solo
Haryono,dkk.2008.Matematika.PT.Metro Pos:Jakarta
www.google.com/18 maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar