Pembelajaran
Matematika SD
Nilai
Tempat
MAKALAH
Dosen Pembimbing:IbuTitin F
Disusun Oleh:Kelompok 2
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2012
PembelajaranMatematika
SD
MAKALAH
Tujuan:Sebagai
bahan presentasi S1 PGSD Smester Genap
DisusunOleh:
1.Ali Mustofa
NIM:118620600098
2.Ahmad Khoirul
Amin
NIM:118620600114
3.M.Taufiqurrohman
NIM:118620600123
4.Iwan Pranoto
NIM:118620600129
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah m,emberikan rahmat,hidayah,dan inayah-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah tentang Pembelajaran Mtematika SD kelas awal ini
dengan baik.Meskipun ini jauh dari sempurna tapi kami akan berusaha untuk
menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Kami juga memohon untuk
para pembaca ikut berpartisipasi sekedar membaca makalah ini untuk menambah
wawasan dan pengeetahuan.Semoga makalah ini bermanfaat.
Sidoarjo,18
Maret 2012
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar…………………………………………………………………… 3
Daftar Isi…………………………………………………………………………. 4
BAB I PENDAHULAN
1.1.
Latar Belakang……………………………………………………………… 5
1.2.
Rumusan Masalah………………………………………………………….. 5
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian………………………………………………………………. 6
B.Satuan Dan Puluhan……………………………………………………. 6
C.Satuan,Puluhan Dan Ratusan…………………………………………… 7.
D.Satuan,Puluhan,Ratusan Dan Ribuan……………………………………. 8
BAB III PENUTUP
Simpulan Dan Saran……………………………………………………………… 9
Daftar Pustaka…………………………………………………………………… 10
BABB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Nilai tempat merupakan hal yang
sangat penting untuk dipelajari dalam matematika untuk kehidupan manusia.
Karena dengan memahami nilai tempat manusia dapat mengerti tentang penghitungan
nilai angka bail satuan, ratusan, ribuan, dll. Yang digunakan dalam manjalani
kehidupannya sehari-hari.
1.2.Rumusan
Masalah
a. Apa
yang dimaksud nilai tempat ?
b. Apakah nilai satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Menurut Ashlok Nilai tempat adalah pemberian suatu
nilai kapada masing-masing tempat/posisi dalam lambing bilanga multi digit.
Satuan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan
satu angka
Puluhan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan
dua angka
Ratusan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan
tiga angka
Ribuan adalah suatu nilai tempat yang menunjukkan
empat angka
B.Nilai tempat puluhan dan satuan
Biasanya
dalam pendidikan matematika anak SD usia awal yaitu kelas 1,2,3 adlaha masih
Puluhan Dan Satuan yaitu angka yang jumlahnya ada 2 seperti contoh 12 diman
1 bernilai 10
2 bernilai 2
Yang apabila
dijumlahkan menjadi 10+2=12
Penulisan bilangan dua angka dapat ditentukan nilai puluhan
dan satuannya.
Misalnya:
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
Selain dengan tabel kita juga mengajarkan cara
mencari nilai tempat sebagai berikut
Misal Angka 12
Dimana 1 menempati puluhan bernilai 10
2
menempati satuan bernilai 2
C.Nilai tempat Satuan,Puluhan,Ratusan
Seperti missal:
Angka 123 artinya angka
1-----------------menunjukkan Ratusan yang bernilai
100 (Seratus)
2-----------------menunjukkan Puluhan yang bernilai
20 (DuaPuluh)
3----------------menunjukkan Satauan yang bernilai 3
(Tiga)
Selain dengan cara diatas untuk kelas 3 bisa kita
latih mengerjakn soal nilai tempat seperti berikut 973 dimana dapat dirinci
sebagai berikut:
Angka 3 menempati tempat satuana dan nilainya 3
Angka 7 menilai tempat puluhan dan nilainya 70
Angka 9 menempati tempat ratusan dan nilainya 900
D.Nilai tempat Ribuan,Ratusan,Puluhan,Satuan
Misalnya 1234
2----------------adalah nilai nyang menunjukkan 200
(Dua Ratus)
3---------------adalah nilai yang menunjukkan 30
(Tiga Puluh)
4--------------adalah nilai yang menunjukkan 4
(Empat) Selain dengan cara diatas untuk kelas 3 bisa kita latih mengerjakn soal
nilai tempat seperti berikut 6973 dimana dapat dirinci sebagai berikut:
Angka 3 menempati tempat satuana dan nilainya 3
Angka 7 menilai tempat puluhan dan nilainya 70
Angka 9 menempati tempat ratusan dan nilainya 900
Angka 6 menempati tempat ribuan dan nilainya 6000
BAB
III
PENUTUP
Simpulan
Jadi untuk mengajarkan nilai tempat dalam usia SD kelas awal yaitu kelas
1,2,3 itu bertahap artinya tidak sekaligus langsung ke beberapa nilai
tempat.Serta tahap tersebut harus bisa membuat siswa paham untuk melangkah ke
sub berikutnya.Seperti missal kalau kelas 1 diajarkan Satuan Dan
Puluhan,Sebaliknya denga kelas 2 dan 3 nanti.
Daftar
Pustaka
Buchori,dkk.2006.Gemar Belajar Matematika 3.Aneka
Ilmu:Semarang
Supardjo.2004.Matematika Gemar Berhitung 2.Serangkai
Pustaka Mandiri:Solo
Haryono,dkk.2008.Matematika.PT.Metro Pos:Jakarta
www.google.com/18
maret 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar