Total Tayangan Halaman

Jumat, 25 Januari 2013

drama lima sahabat



LIMA SAHABAT
     Dihutan rimba yang sangat indah tinggallah binatang-binatang yang hidup,berteduh,mencari makan di dalamnya diantaranya monyet, kera, sapi, tikus, kelinci, kucing, tikus, burung dan kura-kura. Suatu ketika ada dua binatang sedang bertemu disuatu tempat mereka mencari makan yaitu kelinci dan kura-kura
Kura-kura:Kelinci,sedang apa kau disini,bukankah makananmu ada disemua hutan ini?
Kelinci:Ehmmmmmmm,memang makananku ada banyak disini,namun aku butuh teman wahai kura-kura.
Kura-kura:Jadi,kamu butuh teman.Ternyata nasib kita sama,aku juga disini nggak punya teman satu pun.
Kelinci:Kalau begitu,,,maukah kamu menjadi temanku?
Kura-kura:Mau sekali,,,,(Sambil bersalaman tangan)
Kura-kura dan Kelinci:Hore hore hore aku punya teman,,,,,
              Ternyata ditempat yang tak jauh dri mereka berdua ada seekor binatang besar sedang ditunggangi oleh seekor binatang yang tampak kesakitan.Ya,,mereka adalah sapi dan kucing yang sudah bersahabat sejak lama.Disitulah terjalin persahabatan lima binatang dihutan rimba.
Kura-kura:Kelinci,,,coba lihat,sepertinya ada sesuatu disana.
Kelinci:Mana,mana,aku juga mau lihat?Wah besar sekali?Siapa itu?Ayo kita kesana…
              Kelinci dan kura-kura pun berlari kearah sesuatu yang mereka anggap besar tadi.Dan sesampainya disana terlihat kucing meringis kesakitan.
Kelinci:Ada apa ini,kenapa dengan kucing?
Sapi:Hampir saja kucing tertembak oleh pemburu liar,dan untung aku segera membawanya lari.
Kura-kura:Benarkah itu kucing?
Kucing: ( hanya menganggkkan kepala)
Kelinci:Kalau begitu kita obati saja kucing disini,mudah-mudahan disini kucing bisa beristirahat dengan baik.Aku tau daun apa yang dapat menyembuhkan luka si kucing.
Sapi:Daun apa?Ayo katakana,biar aku ambil.
Kelinci:Daun madukara,dan tempatnya sangat tinggi,aku bingung kita semua kan tidak ada yang bisa naik?
           Kelincipun berlari ke suatu tempat diaman ada daun yang dimaksud itu.Tak disangka ternyata ada seekor monyet sedang lewat dengan wajah sedih.Kelincipun memanggil monyet itu untuk meminta bantuan.
Kelinci:Wahai monyet,maukah kau membantu aku?
Monyet:Maaf kelinci,aku sedang tidak ingin membantu orang lain.
Kelinci:Tapi,ini penting.
Monyet:Benarkah itu? Katakan apa yang bisa ku bantu?
Kelinci:Benar.Kau lihat itu,kucing sedang meringis kesakitan dn aku ingin menyuruhmu mengambil daun madukara diatas sana,sebab hanya dengan daun itu kucing bisa sembuh.
Monyet:Baiklah,aku akan mengambilnya.
               Langsung saja monyet naik keatas pohon untuk mengambil daun madukara yang akan digunakan untuk menyembuhkan si kucing.Setelah dapat daunnya monyetpun memberikan daun itu kepada kelinci.
Monyet:Ini daun yang kamu inginkan.(Dengan wajah sedih)
Kelinci:Terima kasih wahai monyet yang baik.Kenapa engkau bersedih?
Monyet:Aku,sudah lama tak punya teman.Aku kesepian aku ingin punya teman.
Kelinci:Baiklah,kalau begitu kamu ikut aku saja nanti aku kenalkan kepada teman-temanku
Setelah itu monyet dan kelinci pergi untuk menemui sapi,kucing dan kura-kura.
Kura-kura:Coba lihat itu kelinci dating,tapi sama siapa dia,sepertinya dia punya kawan baru.
Kelinci:Hai kawan-kawan,ini  aku sudah menemukan daunnya.(Sambil memberikannya ke kucing).Makanlah ini kamu akan sembuh.
Sapi:Tapi,bagaimana bisa kamu mengambil daun ini yang katamu tinggi.
Kelinci:Perkenalkanlah,ini monyet yang membantuku mengambil daun untuk kucing.
Sapi:Terima kasih.Terima kasih wahai monyet baik hati.
Kelinci:Monyet ini disini tak mempunyai teman jadinya dia ingin memiliki teman.Maukah kalian menjadi temannya?
Kura-kura:Dengan senang hati.Aku bersedia.
Sapi:Mau-mau-mau
Kucing:Bagaimana kalau kita berlima jadi sahabat sejati,gimana kawan?
Kelinci:Kucing?Kamu sudah sembuh.
Kucing:Ya berkat kamu dan monyet ini.Aku bisa menjadi seperti semula.
Sapi:Aku setuju,bagaimana kalau kita jadi Best Friend Forever.
Kelinci:Ya,,,aku juga setuju.
Kura-kura:Hore,,,,,,,,,,,,sahabatku banyak.
Monyet:Terimakasih kalian sudah mau menerima aku menjadi sahabat kalian.
(MENYANYI REFF LAGU KEPOMPONG)
                     Hari demi hari mereka lalui berlima.Tiba saatnya si tikus kecil yang tinggal juga dihtan tersebut mendengar dari semut-semut kecil bahwa hutan sudah dikuasai lima sahabat tadi.Tikuspun marah.
Tikus:Tidak,ini tidak mungkin.Aku tidak menginginkan hutan ini dikuasai mereka.Sebab hanya aku  yang boleh dan berkuasa disini.Tapi aku tidak kan membiarkan persahabatan mereka lancar-lancar saja.Akan kubuat mereka terpecah belah..Hahahahahahahahahahahaha.Tapi siapa mereka? Tidak penting mungkin kalau aku berkeliling hutan ini,kalau akau melihat ada lima binatang,tidak lain dan tidak bukan adalah mereka.hahahahahah
Keesokan harinya si tikuspun penasaran dengan yang menguasai hutan ini.Dengan sedikit wajah bingung.
Tikus:Dari tadi aku tak melihat seekor binatang pun.Apa mreka sudah pindah?Ah,,tak mungkin.
Tiba-tiba  tikus mendengar keramaian disekitar tempat dimana ia berdiri
Tikus:Apakah itu mereka.
Lalu tikus bergegas untuk melihatnya.
Tikus:Ternyata,benar.Ada lima sahabat yang dibilang semut kemarin.Mereka tampak akrab dan bahagia.Tidak,,,aku tidak ingin mereka bahagia,aku ingin mereka bubar,terpecah belah.Tapi bagaimana caranya aku bisa merusak persahabatan mereka.Ahhhhh,aku punya ide.
AKU SI TIKUS PANDAI
Meskipun aku tak sekuat  sapi
Meskipun aku tak selincah monyet
Meskipun aku tak seputih kelinci
Meskipun aku tak sebesar kura-kura
Dan aku tak setajam kucing
Namun aku punya segalanya
Aku punya seribu cara
Aku si tikus pandai
Tidak ingin,
Tidak ingin,
Mereka bahagia.
                       Tak lama kemudian,siang pun datang,terlihat si kelinci dan sapi sedang bergurau sambil makan mentimun.Namun apa yang terjadi si tikus datang dengan wajah yang sedih mengunjungi mereka berdua.Sapi juga menyamatkan topi di kepalanya.
Tikus:Hai sapi,Hai kelinci.Tampaknya kalian bahagia.Sejak kapan kalian berdua suka makan mentimun?
Sapi:Ya,sejak kami jadi sahabat.Apapun makanannya akan kami makan.
Kelinci:Kamu mau apa kesini tikus?
Tikus:Aku mau ikut dengan kalian,bergurau sambil bermain.Oh,ya sapi aku ada perlu sama kamu.Maukah kau ikut denganku?
Sapi:Kemana?
Kelinci:Apakah kau mau membawa sahabatku ini ketempat bahaya?
Tikus:Tenanglah kelinci.Sapi,tinggalkan topimu disini.Nanti supaya tidak kotor.Ayo ikut aku.
Kelinci:Hati-hati sahabatku.
  

                    Sapi pun ikut pergi dengan tikus kesuatu tempat yaitu sungai yang jernih dan langsung masuk kesungai itu.Ditempat semula datanglah si kura-kura yang datang namun ternyata tak tampak si kelinci disitu.Di sungai si tikus pun minta ijin sebentar kepada sapi untuk pergi sebentar.
Tikus:Wahai sapi yang baik hati,berani kah kau disini sendiri.Aku ada urusan sebentar,tapi nanti aku akan kembali lagi untuk menjemputmu.
Sapi:Hahahah,,aku kan besar jadinya aku berani.Hati-hati engkau.
Larilah si tikus sambil bergumam.
Tikus:Dasar binatang yang berbadan besar doing,kamu tak tau apa bahwa ini akan memulai pertengkaranmu dengan teman-temanmu.Hahahahahahahahaha
              Ternyata si tikus itu pergi ketempat dimana kelinci dan sapi tadi makan mentimun.Dan disana masih ada kura-kura yang sedang sendirian.Tibalah aksi tikus membuat kura-kura dan sapi bertengkar.
Tikus:Ahhhhh,aku punya ide.Kan kura-kura badannya besar,mana mungkindia terasa kalau nati aku taruh topi sapi diatas punggungnya.Tapi enaknya aku apain topi sapi nanti?
                 Lalu didekatilah si kura-kura.Dan tak disangka ternyata si kura-kura tertidur pulas.Lalu si tikus pun mulai melakukan aksinya yaitu merobek dan merusak topi yang dimiliki oleh sapi.Lalu si tikus pun buru-buru pergi ketempat sapi yang sedang mandi.Ternyat disana sudah ada kucing yang sedang kebetulan sedang lewat didaerah sungai dimana tempat sapi mandi.Kelinci pun sampai ditempat mereka berdua.



Sapi:Dari mana saja kau tikus?
Tikus:Aku tadi pergi sebentar  mencari makanan untuk persiapan aku nanti.Lho kucing ternyata engkau juga  disini.Wah kebetulan banget dua sahabat akan menyaksikan sahabatnya yang akan bertengkar nanti (dalam hati ).
Sapi:Tikus,aku sudah kedinginan nich,ayo kita ketempat kelinci tadi.
Kucing dan Tikus:Ayo ,kita berangkat
                 Lalu mereka bertiga berangkat ketempat kelinci yang mana sang kura-kura masih saja tertidur pulas.Tibalah mereka disana.
Sapi:Ternyata ada kura-kura,sahabat kita disini.Lhoh topiku mana??Tadi kan aku taruh sini?
Kucing:Topi yang mana sapi?Aku belum pernah lihat?
Sapi:
TOPI SAYA BUNDAR
Topi saya bundar
Bundar topi saya
Kalau tidak bundar
Bukan topi saya
Tikus:Lihat,dipunggung kura-kura!Apa itu yang kau maksud?
Sapi:Ha,benar itu!Kenapa topiku jadi seperti ini?
Tikus:Coba lihat,tak lain tak bukan pasti si kura-kura yang merusaknya!
Kucing:Heh,tikus.Jangan asal menuduh kau.
Tikus:Aku tidak menuduh sembarangan,buktinya kan sudah ada.Apa kau tidak lihat itu.
Sapi:Hai,kura-kura.Bangun,ayo bangun.Mengapa kau rusak topiku?
Kura-kura:Apa maksud kamu?
Tikus:Sudahlah kura-kura,kamu kan yang merusak topinya sapi.Sampai rusak kayak gini.
Kura-kura:A.a.a.a ku tak tau apa-apa,teman
Sapi:Ah,kau jangan bohong.Kami bertiga menemukan ini dipunggungmu,kalau bukan kamu yang merusak siapa lagi?
Kucing:Kura-kura,aku tak menyangka engkau seperti ini  pada sahabatmu sendiri.Apakah ini caramu untuk menghancurkan persahabatan kita berlima?
Kura-kura:Tapi,aku beneran tak tau.
Tikus:Sudahlah kita pergi saja.
                  Malampun tiba,namun si kura-kura masih ditempat itu saja.Dengan wajah menangis,dia bersedih karena telah dituduh oleh temannya sendiri merusak topi si sapi.
Kura-kura:Kenapa,nasibku seperti ini.Andai aku punya ibu.Aku akan minta kepada ibuku bulan yang besar dan terang untuk menghapus sedihku
AMBILKAN BULAN BU
Ambilkan bulan, bu
Ambilkan bulan, bu
Yang slalu bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cah’yanya sampai ke bintang
Ambilkan bulan, bu
Untuk menerangi
Tdurku yang lelap di malam gelap
              Tanpa sadar seekor burung datang dan menyampaikan sesuatu kepada kura-kura.
Burung:Wahai kura-kura,kedatanganku kesini ingin memberitahukan bahwa persahabatan kalian akan dirusak dan akan terpecah belah.Tapi suatu saat nanti akan bersatu kembali.Ingat itu.
Kura-kura:Tapi siapa yang merusak (Burung pun langsung menghilang)
Pagi pun datang menyapa, tampak terlihat monyet sedang asyik mencari pisang dihutan.Ternyata monyet sudah mendapatkan pisang cukup banyak.Terlihat dia yang sedang asyik makan pisang,matanay tertuju ke sebuah sesuatu yang bergerak-gerak.Ternyata adalah si kura-kura.
Monyet:Kura-kura,mengapa engkau disini,mukamu pucat dan engkau terlihat sedih?
Kura-kura:Ya,monyet.Aku memang sedang sedih.Aku dituduh merusak topi bundarnya si sapi,padahala aku tidak tau apa-apa.
Monyet:Benarkah itu?
Kura-kura:Ya benar,
Monyet:Keterlaluan sekali si sapi,tega menuduh kau merusak topinya.Ayo kau ikut aku.
                   Mereka berdua pun pergi menuju tempat dimana sapi dan kelinci biasa bergurau ternyata juga ada kucing yang juga ikut mereka.
Monyet:Hai,sapi tidakkah kau lihat sahabatmu kura-kura ini?Ia terlihat pucat.Mengapa kau tega menuduhnya merusak topimu.
Kucing:Aku melihatnya sendiri,bahwa dialah yang merusak
Sapi:Ya,benar itu.
Kelinci:Memang sapi yang menitipkan topi itu kepadaku.Tapi aku tak tau siapa yang merusak.Dan akupun tak percaya kalau kura-kura yang ada disini dan sedang memegang topi yang rusak.
Monyet:Tapi,aku tetap tak percaya kalau dia yang merusak.Apakah kalian ingin merusak persahabatan ini?
Sapi:Coba kau tanyakan sahabat yang ada disandingmu itu?
Monyet:Ah,,,,sudahlah kalian sudah berubah.
Tak disangka ternyata si tikus mengintai perdebatan mereka.
Tikus:Misi pertama sudah berhasil,jadi kalian tunggu aja misi kedua dariku.
                     Haripun berganti dan tampak lima sahabat yang telah terpecah menjadi dua kubu akibat permasalahan yang terjadi.Disuatu tempat tampaklah sapi,kelinci dan kucing yang sedang bergurau ria sambil makan-makan.Hari itu mereka makan makanan yang sangat enak dan mereka harus membaginya sama rata.Namun tiba-tiba,sapi ingin keluar sebentar mencari sesuatu di tempat tak jauh dari tempat mereka
Sapi:Wahai sahabatku,aku ada perlu sebentar aku akan pergi kesana.Ingat jangan habiskan makanan ini karena aku masih sangat lapar.
Kucing:Kau tenang saja sapi,aku kan sahabat yang baik pasti akan utuh bagianmu tadi.
Kelinci:Benar itu sapi.Pergilah.
                 Lalu pergilah sapi itu.Dan ternyata si tikus itu telah mengintai pembicaraan mereka.Tikus pun mempunyai misi yang sama yaitu melihat mereka bertiga bertengkar.
Kelinci:Koq,rasanaya aku haus.Sahabat ijinkan aku pergi mencari air.Nanti kubawakan air untukmu.
Kucing:Baiklah.
Kelinci:Tapi ingat,jangan kau habiskan makananku.
Kucing:Tenang saja,aku akan menjaga makananmu dan makanan sapi.
Kelinci:Aku pergi dulu.

                  Kelincipun pergi untuk mencari air dan kucing pun tinggal sendirian di tempat itu.Kini giliran aksi tikus yang membuat sikucing penasaran.Digoyang-goyangkan daun daun supaya mengalihkan perhatian kucing.Kucing pun berlari menuju sesuatu yang bergoyang itu.
Kucing:Apa itu?Coba aku lihat.Kok nggak ada apa-apa,Ahh aku tunggu disini aja siapa tau nanti muncul lagi.

                Tikuspun berlari menuju arah makanan dan menghabiskan semua makan tanpa sisa karena sangat lapar dan tidaka da persediaan makanan di sarangnya.Dengan lahap tikus memakan makanan itu.
Tikus:Hmmmm,enak banget makanannya.Dasar kucing,mau saja aku kerjain.Saatnya lihat misi kedua.
                 Setelah beberapa saat,sapi pun datang bersamaan dengan kelinci dan mereka sangat terkejut.
Kelinci:Lho,mana makananku?
Sapi:Apa si kucing telah berkhianat dan ingin membuat kita mati kelaparan?
Kelinci:Ya,Pasti kucing yang telah serakah sama kita.
Kucingpun datang dengan santainya.
Kucing:Lho sapi,kelinci kalian sudah datang?
Sapi:Tak usah basa basi,kau.Mengapa kau habiskan makanan kita?Apa kau ingin kami mati kelaparan?
Kucing: (Terkejut).Kenapa bisa habis,aku juga nggak tau.Beneran aku tidak menghabiskannya.
Kelinci:Kalau tidak kamu siapa lagi?
Sapi:Sudah,untuk apa kita punya teman serakah,mau  menang sendiri.Kita tinggal saja dia.
Kelinci:Ayo.
Tikuspun senang karena misi keduanya berhasil dan tenyata juga ada burung yang memberitahukan kepada kura-kura tentang persahabatannya.
Burung:Dasar tikus licik,kamu lihat saja nanti,Kamu akan dipermalukan lima sahabat
Beberapa saat,datanglah monyet dan kura-kura yang kebetulan lewat didaerah tempat dimana sapi kucing dan kelinci bergurau tadi.Kucing tampak bersedih dan gelisah.
Monyet:Kenapa kau kucing yang dulu baik sekarang jadi berubah?
Kucing:Maafkan aku,maafkan aku.Ternyata aku sudah mengalami hal seperti kura-kura alami.Aku dituduh menghabiskan makanan sapid an kelinci padahal aku tidak memakannya.
Kura-kura:Sekarang,apa enak rasanya dituduh?
Kucing:Maafkan aku kura-kura!Aku berjanji tak akan mengulangi lagi
Monyet:Sebenarnya,siapa yang ingin merusak persahabatan kita?Aku jadi penasaran,dan mungkin saja ada yang tidak suka dengan persahabatan kita,jadi dia berusaha memecah belah kita seperti ini.Nah besok kita berkumpul disini kembali dan kita jebak siapa yang telah memecah belah kita.Keesokan harinya monyet mengajak sapid an kelinci ikut bergabung dengan kucing dan kura-kura.
Monyet:Wahai sahabatku,ikutlah dengan ku,aku akan mengajak kalian melakukan sesuatu”
Sapi:Sesuatu apa?
Monyet:Sudahlah ikut saja,kalian pasti akan tau sendiri.
                          Lalu mereka pergi ketempat untuk merencanakan sesuatu dimana mereka menyediakan makanan dan juga topi yang akan membuktikan siapa yang telah menghabiskan makanan dan juga merusak topi sahabatnya itu.Sementara itu,tikus pun sudah menyiapkan misi untuk merencanakan misi  yang berikutnya.Terlihatlah kura-kura sendirian ditempat mereka makan dan bergurau sementara yang lain bersembunyi sambil mengintai.Tikuspun melakukan cara yang sama yaitu membuat kura-kura penasaran.Dengan menggoyang-goyangkan daun,kura-kura pun dibuat penasaran dan akhirnya melihatnya.Lalu tikus melakukan misinya yaitu memakan habis makanan dan merusak topi.Tanpa tau bahwa aksinya diketahui oleh empat lainnya.Datanglah kelinci disusul yang lainnya.
Kelinci:Oooooooo,jadi selama ini kamu yang mencoba menghasut kami sehingga kami jadi terpecah belah.
Sapi:Enaknya kita apakan dia?
Kucing:Kau ini sungguh licik,apa kau mau kami buang jauh kesungai
Tikus:Ampun,ampun,aku mengaku salah…..Aku memang yang melakukan semua ini.
Kura-kura:Tak ada ampun buat kau,
Kelinci:Jangan,,biarkan dia hidup.Kenapa kau lakukan ini?
Tikus:Aku,,,aku tak ingin hutan ini dikuasai kalian.Aku ingin kalian pergi dari sini dan hanya aku yang boleh berkuasa disini.
Sapi:Hahahahahahahahaha.Kini kau sendiri sudah kalah mau apa lagi.
Kucing:Kalau kau mau selamat,pergi jauh kau dari sini.
Tikus:Baiklah,aku mengaku kalah….tapi jangan sakiti aku,,aku akan pergi ( berlari )
Si tikus sudah pergi dan mereka kembali jadi lima sahabat.
Sapi:Kura-kura,maafkan aku sudah menuduhmu dan membuat kamu sedih.
Kura-kura:Tak apalah,aku sudah melupakan itu.
Sapi:Maaf kan aku juga kucing,aku teah menuduhmu menghabiskan makananku
Kelinci:Aku juga minta maaf,teman.
Kucing:Aku sudah maafin kalian kok tenang aja
Monyet:Nah,sekarang masalahnya sudah selesai jadi kita tak usah kuatir lagi dan tak ada yang dapat memecah belah kita.
All Binatang:Horeeeeeee,kami jadi lima lagi
Burungpun melihat mereka diatas awan dengan tersenyum,,,,,,”bahagialah engkau penjaga hutan jagalah hutan ini”
Akhirnya mereka bersatu kembali dan hidup dengan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar